Monday 7 July 2008

AdSense Kills my Dream

Ketika pertama mulai mengenal blog, angan yang ada adalah menjadikan personal blog sebagai media untuk latihan menulis, berekspresi, menuangkan ide dan juga memenuhi kebutuhan ke-narsis-an untuk mengokokohkan eksistensi dan aktualisasi diri. Saat itu bayangan sebagai penulis lepas (freelance writer) atau kolumnis media online berkelebat di benak memicu semangat.

Setelah mendaftarkan diri di blogger.com dan mendapatkan account, tiba saatnya untuk mempercantik dan mengisi blog dengan postingan-postingan artikel. Selayaknya punya mainan baru, semangat masih membara. Saat itu aku sibuk nyari template yang menurutku keren dan jarang dipakai orang. Setelah itu aku terus mencari aksesoris blog dengan niatan mempercantik tampilan . Nyari fitur ini lah, itu lah, sampai pada akhirnya ide untuk menulis artikel jadi meluntur. Aku terjebak pada tampilan dan mulai melupakan kualitas isi.

Belum sempat aku kembali pada niatan awal untuk meningkatkan kualitas artikel demi angan menjadi penulis lepas, aku mendapat informasi tentang adsense. Tiba-tiba saja banyak orang di sekitar ku membicarakan tentang fenomena adsense dan cara meraup dollar lewat blog. Angan sebagai penulis lepas segera tertutup oleh rasa penasaran dan tertantang mendapatkan dollar.

Berhari-hari aku berkutat mencari informasi seputar adsense. Tahap demi tahap aku jalani demi mimpi baru : meraup dollar. Kali ini aku terjebak pada tips dan trik untuk mendapatkan adsense dan mengundang perhatian pengunjung blog untuk meng-klik iklan yang ada. Mengingat adsense belum mau mengakomodir blog berbahasa Indonesia, sementara kemampuan bahasa Inggris ku juga pas-pas an (minus malah), akhirnya aku harus berkompromi dengan sedikit mengesampingkan idealisme dan mulai meng-copy paste artikel-artikel berbahasa Inggris demi menjaga agar adsense tidak berpaling dari blog ku. Lagi-lagi aku mulai melupakan niat awal untuk menjadi penulis yang berkualitas. Orientasiku telah berubah dari mengejar kualitas menjadi mengejar iklan dan dollar.

Setelah Adsense dan beberapa iklan lain mulai nongol di blog ku, ternyata dollar tak kunjung datang. Dari hari ke hari report tentang penghasilan dollar ku masih saja nol koma.
Aku mulai bertanya-tanya dalam hati: mau kemanakah aku?

Adsense, oh Adsense....

2 comments:

Anonymous

mendingan bikin 2 blog aja mas, satu blog pribadi buat tulisan "beneran" satu lagi buat cari duit

the rais

bener juga tuh idenya.
kapan-kapan di coba ah...

  © Blogger template 'SimpleBlue' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP