Sunday 23 October 2011

The Easy Way to Install Microsoft Fonts on Ubuntu 11.10

Beberapa waktu belakangan ini lagi semangat mencicipi Ubuntu 11.10 yang baru saja dirilis. Salah hal yang cukup mengganggu adalah tipikal fonts bawaan ubuntu yang menurut saya kurang sexy..he..he..Selain itu dengan fonts bawaan ubuntu bila ngetik di LibreOffice dan kemudian dibuka pake MS Office maka hasilnya akan jadi berantakan banget. Nah untuk mengatasi (lebih tepatnya meminimalisir, kali ya?) hal tersebut kita mesti menginstall microsoft fonts (msttcorefonts) di ubuntu.
Saya kemudian mencoba cara yang disarankan oleh banyak orang yakni dengan mengetik; sudo apt-get install msttcorefonts. Tapi setelah saya cek, font-font khas microsoft seperti times new roman dan arial kok ga nongol juga ya? mengutip kata mas Wisben di Stand Up Comedy Indonesia nya KompasTV, timbul pertanyaan..:)

Selidik punya selidik, saya gagal mendownload dan mengkonfigurasi msttcorefonts di ubuntu, kemungkinan besar disebabkan karena akses internet di kantor saya pake proxy sehingga alamat repository penyedia fonts tersebut tidak bisa terakses secara sempurna. Kemudian suatu sore, tanpa sengaja, saya yang sering banget wara-wiri bersama Om Google menemukan artikel yang membahas hal tersebut. Pada intinya, hal tersebut bisa diatasi dengan cara menginstall msttcorefonts secara offline dengan mendownload terlebih dahulu paket fonts nya.

Bagi pengguna Ubuntu, paket msttcorefonts berekstensi .deb bisa diunduh di alamat ini. Karena paket tersebut sudah berekstensi .deb maka cara install nya tinggal double klik aja. atau bisa juga lewat terminal dengan mengetik perintah:
sudo dpkg -i msttcorefonts-offline_1.0-0ubuntu1_all.deb

Selamat mencoba..!

0 comments:

  © Blogger template 'SimpleBlue' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP