Monday 17 October 2011

Gingerbread on HTC Aria

Sebagai pengguna ponsel berbasis android, salah satu hal yang terasa mengganggu bagi saya adalah perkembangan teknologi android begitu cepat sementara update dari vendor resminya lambat. Ponsel android pertama saya adalah sony ericsson xperia x8. Namun kemudian saya ceraikan karena operating system (OS) nya yang masih eclair (android 2.1) tidak segera diupgrade oleh pihak Soner nya sementara saya udah sangat tergoda dengan versi froyo (android 2.2). Akhirnya saya mencoba pake HTC Aria yang secara resmi sudah mengupdate (upgrade) OS nya dari eclair ke froyo.

Namun seperti yang saya bilang sebelumnya, belum lama saya mencicipi froyo, eh pengembang android sudah merilis versi di atasnya yaitu gingerbread (2.3) bahkan honeycomb (3.0). Kemudian hati saya bergejolak, masa sih mau ganti lagi? gonta-ganti terus kapan puas nya? Sebagai solusi, saya kemudian berselancar bersama Om Google mencoba peruntungan siapa tau ada yang bisa mengupgrade htc aria ke gingerbread. Setelah wara-wiri dan menunggu cukup lama, akhirnya saya menemukan apa yang saya cari. Namanya CyanogenMod (CM). What is CyanogenMod?

Seperti tertulis dalam situs resminya, "CyanogenMod is an aftermarket firmware for a number of cell phones based on the open-source Android operating system. It offers features not found in the official Android based firmwares of vendors of these cell phones."

Bagi Anda yang ingin bereksplorasi terkait dengan custom ROM, tengok aja situs resmi nya di sini. Di situ ada daftar device yang disupport, lengkap dengan daftar ROM yang sudah stabil maupun yang masih bersifat eksperimen. Bagi Anda yang masih baru dalam dunia custom ROM (seperti saya) pihak CM juga menyediakan fitur Forum dan Wiki yang mengulas tentang tutorial, tips dan seluk beluk custom ROM terutama yang disediakan oleh CM. Dengan memanfaatkan fitur yang disediakan, akhirnya HTC Aria saya bisa juga mencicipi Gingerbread. ohh sedap nya..!

Lagi seneng-senengnya menikmati euforia keberhasilan saya "mengupgrade" htc aria fro froyo to gingerbread, eh ada masalah serius yang mengganjal..:( pas nyobain market ternyata aria saya tidak mau download aplikasi yang saya inginkan. Download dari browser juga tidak bisa. Ohh No..!
Mau tidak mau dengan perasaan cukup kesel, saya kembali menghadap mbah Google. Dari beberapa pengalaman orang akhirnya kesimpulannya mesti diinstall aplikasi bernama simple to external (S2E). Ulasan dan alamat download bisa dilihat di sini. Penjelasan ilimiah dan teknisnya cari aja sendiri ya..:) kenapa kok mesti pake S2E..he..he..

Yang saya mau bagi adalah pengalaman saya menggunakan aplikasi ini.
1. partisi dulu sd card ke dalam 2 partisi. partisi berekstensi ext4 minimal 512 MB dan partisi berekstensi FAT (kalau saya plus swap 32 MB, jadinya 3 partisi)
2. kemudian install aplikasi S2E yang sudah didownload
3. setting S2E, lihat di sini dan sini , baca juga yang ini

warning: penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang terjadi dengan ponsel Anda terkait dengan tips ini.
DISCLAIMER: DO AT YOUR OWN RISK..! I am not responsible for what happens to your device..

Selamat mencicipi gingerbread..! smoga honeycomb nya CM segera rilis..

0 comments:

  © Blogger template 'SimpleBlue' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP